RUSH memutuskan untuk berhenti.

Trio Rush

Gitaris Rush, Alex Lifeson baru-baru ini menyatakan bahwa Rush sudah usai. Trio asal Toronto, Kanada ini tidak lagi berencana menggelar tur atau merilis album.

Masa depan Rush memang sempat berada ambang setelah Neil Peart (drum) pensiun setelah rangkaian tur R40 di Amerika Utara, di tahun 2015. Rush telah berkarier aktif sejak 1968.

Setelahnya, Lifeson dan Geddy Lee (bass) tidak lagi menggelar tur global seperti yang biasa mereka lakukan. Kabar pensiun Rush akhirnya dikonfirmasi Lifeson dalam wawancaranya dengan The Globe And Mail, pada 22 Januari lalu.

“Sudah dua tahun berlangsung sejak tur terakhir Rush. Kami tidak lagi merencanakan tur atau rekaman album terbaru. Kami sudah selesai. Kami merasa kenyang setelah 41 tahun berlalu.”

“Walau begitu, akhir-akhir ini saya lebih sibuk ketimbang biasanya. Saya menulis terus menerus. Saya menulis untuk empat atau lima proyek berbeda. Saya juga diminta untuk mengisi bagian gitar di beberapa band lain.”

“Rasanya sangat menyenangkan. Saya bisa sekreatif mungkin dan bekerja di luar kebiasaan, tekanan pekerjaan ini cukup rendah. Saya sangat tertarik dengan proyek seperti ini,” ujar Lifeson.

Permainan gitar Lifeson akan hadir di album terbaru unit stoner rock Fu Manchu yang akan dirilis Februari mendatang, Clone of the Universe. Lifeson mengisi gitar di lagu “Il Mostro Atomico”, yang berdurasi sekitar 18 menit.

“Kami ingin segera menggelar tur dan memainkan materi ini, khususnya ‘Il Mostro Atomico.’ Inilah materi terbaik kami. Kami betul-betul menyukai keseluruhan sound album ini, dan permainan gitar Alex juga sungguh luar biasa. Kehadirannya seakan mengesahkan percobaan kami untuk menulis lagu yang berdurasi sangat panjang,” pungkas Scott Hill, gitaris Fu Manchu, pada Ultimate Classic Rock.

Sumber :

https://supermusic.id/supernews/superbuzz/50-tahun-berkarier-rush-putuskan-bubar